Rabu, 21 Maret 2018

TEMPELAN BELAKA ‘Gigs, Skena & Kota’




Pameran Poster Gigs

Sejatinya kami ingin membicarakan sesuatu yang sederhana. Hal-hal yang berkaitan dengan kota yang kami tinggali. Dimana beberapa waktu kebelakang ini kegiatan-kegiatan berkreatifitas yang menyenangakan mulai langka ditemukan, dikarenakan terbatasnya ruang yang bisa digunakan. Wacana kota industri, maraknya pembangunan pusat perbelanjaan atas nama penggerakan roda ekonomi, ditambah lagi hal-hal memuakkan semacam; biaya sewa tempat untuk venue yang mahal, perijinan acara yang rumit, tetek bengek birokrasi yang ujung-ujungnya duit. Kondisi yang demikian menyebabkan kota ini dilanda kekeringan, karena kita tidak memiliki ruang atau wadah untuk menyalurkan semangat dan gairah berkreatifitas. Padahal wadah berkesenian bisa menjadi muara bertemunya berbagai ide dan bukan tidak mungkin menjadi senjata yang cukup ampuh untuk perubahan. Dan, oke. Kami sudah tidak peduli dengan omong kosong itu!

Tempelan Belaka – Gigs, Skena & Kota adalah pameran arsip berbentuk poster gigs di Sidoarjo sebagai upaya untuk merespon keringnya kota ini tentang aktifitas serta ruang ekspresi. Pameran ini mengumpulkan poster-poster gigs generasi awal sampai yang terkini, tentunya juga dari berbagai skena musik yang ada di Sidoarjo. Kami percaya bahwa arsip (poster gigs) mampu menjadi mata radar yang melacak akitivitas kawan-kawan di skena, alat rekam jejak yang mencatat banyak peristiwa dari tahun ke tahun; tumbuh kembang skena, perjalanan atau proses berkreatifitas dari genereasi ke generasi yang kiranya bisa menjadi cermin bagaimana nantinya kita menyepakati langkah-langkah apa yang harus ditempuh untuk tetap bergerak kedepannya, upaya menjaga antusiasme berkegiatan untuk kemudian mendorong terciptanya ruang-ruang baru/alternatif sebagai bentuk penerapan nilai-nilai semangat kemandirian yang kita yakini.

Tempelan Belaka – Gigs, Skena & Kota diselenggarakan oleh Sisa Kertas, Terserahati, Rumah Kayu Pecantingan, serta Lingkaran Creative House. Acara dilaksanakan pada 24 – 25 Maret 2018 di Rumah Kayu Pecantingan, Jl. Raya Pecantingan, Sekardangan, Sidoarjo. Pameran ini diramaikan oleh Mama’s Broke, Letsgocmonbaby, Bluescitralestari, Black Rawk Dog, Mr. Sutrisno, Lapak Baca & Zine, Taman Diksi, Trisula Pustaka, dan Aksara Merdeka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar